@BKS hadir untuk mengungkap KEKRISTENAN yang dianggap TABU ...TINGGALKAN JEJAK ANDA DI KOLOM KOMENTAR ...terima kasih....

Selasa, 20 Desember 2011

Hitung Mundur Kelahiran Isa sejak dibabtis


Kaisar Agustus dalam artefak uang Romawi kuno
Tanya
Jika kita menerima keterangan Injil Lukas, maka Yesus dilahirkan pada tahun 2 Sebelum Masehi. Hal ini didasarkan pada keterangan Injil Lukas yang menempatkan pembaptisan Yesus pada tahun ke-15 pemerintahan Kaisar Roma Tiberius, dan saat Pontius Pilatus menjadi pejabat gubernur Yudaea (Lukas 3:1), dan bahwa Kaisar Tiberius menggantikan Kaisar Agustus pada tahun 14 Masehi, maka Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis pada tahun 29 Masehi, yakni ketika Yesus berumur kira-kira 30 tahun (Lukas 3:23). Ini berarti, Yesus dilahirkan pada tahun 2 Sebelum Masehi.
Jawab
  1. Tahun ke-15 pemerintahan Tiberius adalah tahun 28 Masehi, sebab tahun pertama kaisar Roma dihitung pada tahun dia menjadi Kaisar. Tahun pertama Tiberius menjadi Kaisar adalah tahun 14 Masehi, sedangkan pada tahun 15 Masehi pemerintahan Kaisar Tiberius berumur genap satu tahun. Saat pemerintahan Kaisar Tiberius berumur genap satu tahun, tahun pemerintahan Kaisar Tiberius telah masuk tahun ke-2. Untuk jelasnya lihat tabel perhitungannya dalam posting "Kapan Isa dibabtis Yahya (Yohanes) Pembabtis?"
  2. Saat itu Isa berumur "sekitar 30 tahun". Lembaga Alkitab Indonesia menterjemahkan kata "sekitar" itu dengan kata "kira-kira", sebenarnya lebih tepat sekitar daripada "kira-kira". Kata "sekitar" ini penting, karena menunjukkan bahwa saat Isa dibabtis oleh Yohanes Pembabtis, Isa tidak berumur 30 tahun pas, melainkan 30 tahun lebih atau kurang sekian bulan. Dengan memperhitungkan tradisi Ibrani kuno bahwa orang hanya boleh mengajar kitab suci sebagai rabi (bhs Ibrani untuk ustadz atau guru) setelah berumur sekurang-kurangnya 30 tahun, maka frase "sekitar 30 tahun" berarti umur Isa saat dibabtis adalah 30 tahun lebih beberapa bulan.
  3. Dengan memperhitungkan usia Isa saat dibabtis 30 tahun lebih satu bulan hingga 3 bulan dan Isa mengalami Paskah tahun 28 Masehi setelah dibabtis yang berlangsung pada tanggal 27 Maret 28 Masehi, maka Milad Al Masih tanggal 25 Desember 4 SM ternyata masih memungkinkan, dengan cara perhitungan mundur dari saat Isa dibabtis oleh Nabi Yohanes Pembabtis.
Kekeliruan perhitungan pada pertanyaan di atas adalah memperhitungkan tahun ke-15 pemerintahan Tiberius jatuh pada 29 Masehi dan tidak memperhitungkan kata "sekitar" dan tradisi Ibrani kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar