@BKS hadir untuk mengungkap KEKRISTENAN yang dianggap TABU ...TINGGALKAN JEJAK ANDA DI KOLOM KOMENTAR ...terima kasih....

Selasa, 20 Desember 2011

Siapa Tuhan umat Al Masih?


Tanya
Sebenarnya Tuhan umat Al Masih itu ALLAH atau Yesus (Isa Al Masih) sih?
Jawab
Kata "Tuhan" dalam Alkitab bahasa Indonesia terjemahan LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) diterjemahkan dari kata κυριος “Kyrios” (bahasa Yunani) yang berpadanan dengan kata "Lord" (bahasa Inggris) atau kata "Rabb" atau "Sayyidina" (bahasa Arab).
Sedangkan kata "Allah" dalam Alkitab terjemahan Indonesia diterjemahkan dari kata θέος 'theos' "Theos" (bahasa Yunani) yang berpadanan dengan kata "God" (bahasa Inggris) atau kata "Ilah" (bahasa Arab).
Sehingga,
  1. God (theos, ilah) adalah Allah (YHWH, EL).
  2. Lord (Kurios, sayyidina) adalah Isa Al Masih
Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ragam umum dan ragam Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), maka rumusan tersebut di atas jadi:
Bahasa Indonesia ragam umum (yang digunakan umumnya masyarakat Indonesia, termasuk digunakan oleh umat Al Masih dalam StudyCycle.NET)
Bahasa Indonesia ragam LAI (yang digunakan dalam literatur-literatur terjemahan LAI dan literatur-literatur Kristen dan Katholik)
God (theos, ilah) adalah Allah (YHWH, EL). Tuhan adalah Allah Allah adalah Allah
Lord (Kyrios, sayyidina) adalah Isa Al Masih Sayyidina Isa Al Masih Tuhan Yesus
Bila anda bukan Kristen dan bukan Katolik, maka gunakan kolom ke dua. Bila anda membaca kolom ketiga maka anda akan bingung, karena menggunakan bahasa Indonesia ragam LAI, ini ragam bahasa yang sangat asing bagi umumnya masyarakat Indonesia.
Kita terapkan pengetahuan ini ke dalam 1 Korintus 8:4 dan 1 Korintus 8:6 jadi demikian:
Bahasa Indonesia ragam umum (yang digunakan umumnya masyarakat Indonesia, termasuk digunakan oleh umat Al Masih dalam StudyCycle.NET dan juga oleh penanya di atas)
Bahasa Indonesia ragam LAI (yang digunakan dalam literatur-literatur terjemahan LAI dan literatur-literatur Kristen dan Katholik)
1 Korintus 8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Tuhan laindaripada Allah yang Esa."
Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Ilah lain daripada Allah yang Esa."
4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa." (1 Kor 8:4)
Ulangan 4:35 Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa ALLAH lah Tuhan, tidak ada yang lain kecuali Dia.
Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa ALLAH lah Ilah, tidak ada yang lain kecuali Dia.
Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia.
1 Korintus 8:6 namun bagi kita hanya ada satu Tuhan saja, yaitu "Bapa" (kata kias "Bapa" merujuk kepada Allah), yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Sayyidina saja, yaitu Isa Al Masih, yang melalui-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.
Klausa "...yang melalui-Nya segala sesuatu telah dijadikan" merujuk kepada hakikat Isa Al Masih, yaitu Ilmu Allah.
namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.
Perbedaan ini terlihat secara sangat jelas dalam Injil bahasa asli dan terlihat secara agak jelas dalam Alkitab terjemahan bahasa Inggris, tapi terlihat secara kurang jelas dalam Alkitab bahasa Indonesia terjemahan LAI (Lembaga Alkitab Indonesia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar